Persyaratan Pendaftaran

Persyaratan pelatihan yang dibutuhkan :
1. Scan dalam bentuk PDF Ijazah Minimum D3/S1
2. Scan dalam bentuk PDF KTP
3. Scan dalam bentuk PDF Surat Keterangan bekerja di perusahaan (Utusan perusahaan)
4. Scan dalam bentuk PDF Pas foto berwarna dan terakhir : ukuran 4 x 6 (Latar Merah)
5. Scan Surat Keterangan Sehat
6. Surat pernyataan
7. Pakta Integritas download format surat disini!
8. Form pendaftaran download format surat dsini!

Tata Cara Pendaftaran

  1. Calon peserta mengakses website Acitya Bina Indonesia, pada homepage klik Form Pendaftaran.
  2. Calon peserta mengisi Form Pendaftaran untuk mendapatkan Kode Booking.
  3. Calon peserta menunggu email konfirmasi dari pihak Acitya Bina Indonesia. Kami akan mengirimkan Kode BookingInvoice, dan Link Kelengkapan Pendaftaran jika jadwal yang diajukan melalui Form Pendaftaran tersedia.
  4. Calon peserta melakukan pembayaran dengan jumlah yang sesuai tertera di Invoice pada email yang telah kami kirimkan. Jumlah dan Nomor Rekening tertera pada email tersebut.
  5. Calon peserta mengisi Form Kelengkapan Pendaftaran yang sebelumnya telah dikirimkan melalui email Acitya Bina Indonesia. Isi dan upload dokumen persyaratan pelatihan beserta bukti pembayaran! 
  6. Calon peserta akan menerima email Status Pendaftaran dan Link Persiapan Pelatihan.
  7.  Calon Peserta akan diundang ke Grup Whatsapp untuk mendapatkan pengarahan dan informasi pelatihan lebih lanjut mengenai Pra-Pembinaan secara online via Google Glassroom (Pastikan sudah memiliki akun google).

Form Pendaftaran

Kemnaker RI
BNSP

Persyaratan Pelatihan

A. Syarat Media Pendukung

1. Peserta wajib memiliki perangkat Laptop/Komputer/PC yang dapat digunakan untuk mengistal aplikasi Google Classroom (sarana penyampaian materi dan evaluasi pembinaan).
2. Peserta wajib memiliki koneksi/jaringan internet yang stabil selama proses pembinaan berlangsung untuk menjalankan aplikasi Classroom meeting dan timestamp.
3. Peserta harus memiliki akun google mail (@gmail.com).
4. Peserta wajib mengaktifkan fitur GPS pada handphone selama pembinaan berlangsung setiap harinya dari pukul 08.00 – selesai.
5. Peserta wajib melakukan selfie pada aplikasi timestamp sebagai bukti kehadiran yang akan diberikan kepada KEMNAKER RI sebagai bahan evaluasi kelulusan.
6. Peserta wajib selalu mengaktifkan kamera Laptop/Komputer/PC ketika selama proses pembinaan berlangsung.

B. Syarat Administrasi

Peserta wajib melampirkan dokumen dibawah ini kedalam link kelengkapan data yang akan dikirim ke email masing-masing.
1. Foto bukti pembayaran investasi pelunasan (Nama File: DP – Nama Lengkap ; Pelunasan – Nama Lengkap).
2. Foto KTP (Nama File: KTP – Nama Lengkap).
3. Scan ijazah minimal Pendidikan D3 – Format File PDF (Nama File: Ijazah – Nama Lengkap).
4. Pas foto background merah ukuran 2×3, 3×4, 4×6 – Format File PNG/JPG (Nama File: Pas Foto 2×3 – Nama Lengkap ; Pas Foto 3×4 – Nama Lengkap ; Pas Foto 4×6 – Nama Lengkap).
5. Surat keterangan kerja bagi utusan perusahaan (Nama File: Surat Keterangan Kerja – Nama Lengkap).
6. Scan Pakta Integritas yang sudah ditandatangani diatas materai (Nama File: Pakta Integritas – Nama Lengkap).

C. Fasilitas Pembinaan

1. Sertifikat Calon Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Umum dari KEMNAKER RI.
2. Surat Keputusan Penunjukan (SKP) Ahli K3 Umum di Tempat Kerja dari KEMNAKER RI (Khusus Peserta Utusan Perusahaan).
3. Kartu Tanda Kewenangan (lisensi) Ahli K3 Umum dari KEMNAKER RI (Khusus Peserta Utusan Perusahaan).
4. Surat Keterangan telah mengikuti Pembinaan Calon AK3 Umum dari PT. Acitya Bina Indonesia.
5. Hardcopy Modul Pembinaan Calon Ahli K3 Umum.
6. Hardcopy Regulasi K3.
7. Id card flazz
8. Training Kit (Bag, Notes, Bulpen).
9. Polo thirst K3
10. Flashdisk (Modul aturan K3)
11. Softcopy ppt materi training dikirimkan ke email peserta maksimal H-3 jadwal kegiatan.

D. Keterangan Sertifikat – SKP – Lisensi KEMNAKER RI:

1. Sertifikat, SKP dan Lisensi dari KEMNAKER RI akan terbit 3-4 bulan setelah pembinaan selesai.
2. Sertifikat Calon Ahli K3 Umum akan diberikan kepada seluruh peserta.
3. SKP (Surat Keputusan Penunjukan) dan Lisensi (Kartu Tanda Kewenangan) hanya di berikan kepada peserta utusan perusahaan/sedang bekerja.
4. Proses penerbitan SKP dan Lisensi bagi peserta bukan utusan perusahan dapat dilakukan secara mandiri oleh peserta setelah mendapatkan pekerjaan ke KEMNAKER RI (tanpa dipungut biaya) maupun melalui PT Acitya Bina Indonesia(dipungut biaya administrasi).
5. Selama proses penerbitan Sertifikat, SKP dan Lisensi dari KEMNAKER RI, peserta dapat menggunakan Surat Keterangan dari PT Acitya Bina Indonesia jika diperlukan untuk melamar kerja di Perusahaan.

I. Materi Kelompok Dasar

  1. Kebijaksanaan K3.
  2. Dasar-dasar K3.
  3. Manajemen K3 (SMK3) dan Audit SMK3 dan Manajemen Risiko.
  4. Investigasi Kecelakaan Kerja, laporan dan analisa kecelakaan serta Statistik Kecelakaan.
  5. P2K3.

II. Materi Kelompok Inti

  1. Undang-undang No. 01 tahun 1970.
  2. Keselamatan Kerja Listrik, PUIL dan peraturan perundangan di bidang listrik, instalasi listrik, lift listrik, instalasi penyalur petir.
  3. Penanggulangan kebakaran, Peraturan perundangan K3 di bidang penanggulangan kebakaran, pemadam kebakaran dan detektor.
  4. Keselamatan kerja mekanik dan konstruksi bangunan dan Peraturan perundangan K3 di bidang mekanik dan konstruksi bangunan.
  5. Pengawasan pesawat angkat dan angkut.
  6. Pengawasan Pesawat Tenaga dan Produksi.
  7. Konstruksi Bangunan dan instalasi pipa.
  8. Keselamatan kerja pesawat uap dan bejana tekan dan Peraturan Perundangan K3 di bidang pesawat uap dan bejana tekan.
  9. Kesehatan dan Lingkungan Kerja dan Peraturan perundangan K3 di bidang kesehatan dan lingkungan kerja serta Alat pelindung diri.
  10. Kunjungan Lapangan (Plant visit).
  11. Diskusi, Seminar, Evaluasi / Ujian.